Usulan Formasi CPNS 2018 Paling Lambat Akhir Desember

Posted on

iCPNS – CPNS 2018 – Usulan Formasi CPNS 2018 Paling Lambat Akhir Desember. Pendaftaran Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 akan segera dibuka. Penerimaan CPNS 2018 akan digelar setelah pemerintah menggodok formasi daerah daerah di Indonesia yang diperkirakan akan kekurangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) sejumlah 200rb dikarenakan pensiun, meninggal, dan berbagai masalah lainnya.

Pendaftaran CPNS yang akan digelar masih belum pasti jadwalnya. Hal ini dikarenakan belum ada pengumuman resmi kapan Penerimaan CPNS 2018 akan dibuka.



Liputan6.com, Jakarta – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) meminta Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK), baik pusat maupun daerah untuk menetapkan hasil analisis beban kerja, rincian peta jabatan, dan kebutuhan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di instansi masing-masing.

Dokumen penetapan tersebut harus disampaikan kepada Menteri PANRB melalui aplikasi formasi elektronik (e-formasi). Penyerahannya ditetapkan paling lambat akhir Desember 2017.

Melalui surat pemberitahuan dengan nomor B/750/M.SM.01.00/2017 yang ditandatangani oleh Menteri PANRB Asman Abnur, menyebutkan bahwa Asman meminta PPK Pusat dan PPK Daerah melakukan validasi ulang terhadap usul kebutuhan pegawai yang telah diinput ke dalam aplikasi e-formasi.

“Perlu kami sampaikan bahwa usulan kebutuhan PNS diprioritaskan untuk jabatan fungsional (tertentu) dan jabatan teknis lain yang mendukung tugas inti (core business) instansi. Khusus untuk pemerintah daerah diprioritaskan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan, serta jabatan-jabatan yang mendukung pembangunan infrastruktur,” tulis surat tersebut.

Ditambahkan, khusus untuk pemerintah daerah, yang perlu diperhatikan adalah kemampuan APBD yang rasio belanja pegawainya di bawah 50 persen.

Usulan tersebut harus dilengkapi dengan surat keterangan ketersediaan anggaran untuk gaji, diklat prajabatan, dan diklat pembentukan jabatan fungsional. Selain itu, formasi yang diusulkan harus sesuai dengan data pada menu usulan formasi.

PPK pusat dan daerah juga diminta melampirkan peta jabatan yang ditandatangani oleh PPK dalam bentuk Keputusan Menteri/Kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Gubernur, Bupati, atau Walikota, serta dokumen mengenai pelaksanaan redistribusi PNS, baik secara internal maupun eksternal dari instansi lain.

Jika ada kekeliruan dalam pengisian data jabatan, kualifikasi pendidikan, unit kerja, dan jumlah atau alokasi pada menu usulan formasi, Asman menyarankan agar segera dilakukan perbaikan pada menu struktur organisasi, analis jabatan, dan usul formasi.

“Panduan untuk perbaikan tersebut dapat dilihat pada sistem aplikasi e-formasi,” tulis Asman pada surat tersebut.

Ditegaskan, kebutuhan formasi CPNS untuk jabatan pelaksana harus sesuai dengan Peranturan Menteri PANRB No. 25 Tahun 2016 tentang Nomenklatur Jabatan Pelaksana bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah juncto Peraturan Menteri PANRB Nomor 18 Tahun 2017. Sedangkan usulan untuk jabatan fungsional tertentu terbatas pada jenjang ahli pertama, jenjang terampil, dan jenjang pemula.

Semua proses tersebut disampaikan secara resmi kepada Menteri PANRB. Paling lambat harus diterima pada akhir Januari 2018. Sementara softcopy disampaikan melalui surat elektronik ke alamat email [email protected]

Diingatkan kembali, semua pihak harus berhati-hati terhadap penipuan mengenai rekrutmen PNS. Untuk perkembangan lebih jauh dan informasi resmi mengenai hal-hal di atas, harap memantau pada laman resmi www.menpan.go.id.

Ingin Daftar CPNS 2018, Ini Syarat Untuk Mendaftar CPNS 2018
Ingin Daftar CPNS 2018, Ini Syarat Untuk Mendaftar CPNS 2018 (Foto: Tribun Lampung)

ICPNS – CPNS 2018. Ingin Daftar CPNS 2018, Ini Syarat Untuk Mendaftar CPNS 2018. Pemerintah akan membuka kembali keran Penerimaan CPNS tahun 2018 ini. Pendaftaran CPNS dibuka kembali setelah pemerintah memberlakukan Mororatorium Penerimaan CPNS yang telah berlangsung selama 4 tahun belakangan.

Penerimaan Pendaftaran CPNS 2018 akan dibuka kembali setelah pencoblosan PILKADA. Yang seperti diketahui Pilkada berlangsung pada tanggal 27 Juni 2018.

Menurut Badan Kepegawaian Negara (BKN), pembukaan penerimaan CPNS bisa berlangsung pada Juli 2018 jika Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sudah menyelesaikan formasi penerimaan CPNS.

Baca juga: Ini Tahapan Seleksi CPNS 2018 Bakal Dibuka Juli

“Mudah-mudahan saja (dibuka Juli) jika Pak Menteri PANRB sudah oke, formasi sudah ada, daerah dan kementerian atau lembaga dapat berapa formasinya,” ujar Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan saat dikonfirmasi Liputan6.com di Jakarta, Jumat (22/6/2018).

Bagi anda yang ingin mencoba kesempatan mengabdi ke negara dengan menjadi PNS dan ingin mendaftar CPNS tahun 2018 ini ada baiknya melengkapi persyaratan umum yang diwajibkan.

Menurut akun resmi twitter BKN, para pelamar dan pendaftar Penerimaan CPNS 2018 harus menyiapkan scan atau foto ijazah, transkrip nilai, foto, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan nilai TOEFL jika ada.

Baca juga: Mulai Awal Juli Pemerintah akan buka pendaftaran CPNS untuk 220.000 Posisi

Mimin sampaikan hal2 generik saja. Siapkan pula dok CV, nanti tinggal dicopas ke web SSCN,” tulis akun tersebut.

Untuk saat ini pendaftaran CPNS 2018 belum resmi dibuka oleh karena itu anda diharapkan jangan terburu-buru mendaftar. Pelamar harus dengan seksama membaca persyaratan  untuk jabatan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan.

Baca juga: BKN Siapkan Infrastruktur Seleksi CPNS 2018, Pendaftaran CPNS 2018 Akan Dibuka!

Sambil menunggu pengumuman penerimaan #CPNS2018 resmi dr @kempanrb, pastikan NIK & KK terdaftar di database nasional @ccdukcapil,” tulis admin BKN.

Terkait jumlah, sebelumnya pada Kamis (14/6/2018), Ridwan menyatakan hal tersebut juga masih dalam tahap perhitungan. Namun diperkirakan berkisar pada angka 200 ribu formasi.‎

‎”(Jumlah) Belum, tapi Pak Menpan beberapa kali bilang antara 200 ribu-250 ribu CPNS,” ungkap dia.

Syarat Pendaftaran Penerimaan CPNS 2018

Untuk mendaftar CPNS 2018, pelamar diharapkan mempersiapkan beberapa persyaratan untuk mendaftar Penerimaan CPNS 2018. Beberapa Persyaratan tersebut adalah:

  1. NIK & KK terdaftar di database nasional @ccdukcapil
  2. Daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV),
  3. Scan/foto ijazah,
  4. Transkrip nilai,
  5. Foto diri,
  6. KTP,
  7. KK,
  8. Nilai TOEFL (jika ada).

Jadi jika anda belum memiliki dan terdaftar di database nasional dukcapil diharapkan segera mendaftar untuk mendapatkan NIK dan KK mulai dari sekarang.

Nah apakah anda berminat untuk melamar menjadi PNS di Penerimaan CPNS tahun 2018 ini? Segera lengkapi persyaratan penerimaan CPNS 2018 mulai dari agar anda dapat segera mendaftar CPNS dan tidak terburu-buru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *