TIU CPNS Bagian 1: soal dan pembahasan materi aljabar

Posted on

iCPNS – CPNS 2018 – TIU CPNS Bagian 1: Contoh Soal dan pembahasan materi aljabar. Pendaftaran Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 akan segera dibuka. Penerimaan CPNS 2018 akan digelar setelah pemerintah menggodok formasi daerah daerah di Indonesia yang diperkirakan akan kekurangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) sejumlah 200rb dikarenakan pensiun, meninggal, dan berbagai masalah lainnya.

Pendaftaran CPNS yang akan digelar masih belum pasti jadwalnya. Hal ini dikarenakan belum ada pengumuman resmi kapan Penerimaan CPNS 2018 akan dibuka.



TKD CAT terdiri dari tiga bagian materi tes yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP), dimana total jumlah Contoh Soal yang harus dikerjakan para pelamar sebanyak 100 Contoh Soal dalam waktu 90 menit atau 5.400 detik. Berarti, waktu pengerjaan untuk satu Contoh Soal selama 54 detik.

Agar para pelamar dapat menyelesaikan keseluruhan Contoh Soal dengan baik dan tepat waktu, memang diperlukan teknik dan strategi jitu. Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara, Mohammad Ridwan memberikan tips dalam menyelesaikan tes TKD CAT tersebut dengan hasil baik dan tepat waktu.

“Kerjakan Contoh Soal yang mudah-mudah dulu karena mengerjakan Contoh Soal tidak harus runtut sesuai nomor urut Contoh Soal. Kalau memang Contoh Soal yang sedang dihadapi rumit, meloncat saja ke Contoh Soal berikutnya, begitu seterusnya. Cara seperti itu efektif dalam merampungkan seluruh Contoh Soal sesuai dengan alokasi waktu yang tersedia,” katanya.

Berdasarkan pengalaman tes-tes sebelumnya, secara umum keseluruhan Contoh Soal dapat dilalui oleh para pelamar yang memang sudah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) berisikan materi seputar Pancasila, UUD 1945 dan amandemennya, Bhinneka Tunggal Ika , NKRI dan lainnya dengan jumlah 35 Contoh Soal. “Ya ini berisikan pengetahuan umum, cukup mudah untuk dijawab”.

Tes Intelegensia Umum (TIU) terdiri dari 30 Contoh Soal guna menguji intelegensi seseorang berkaitan dengan verbal dan analisis sistematisnya. “Contohnya, kalau Indonesia itu ibukotanya Jakarta, kalau Malaysia itu Kuala Lumpur”.

Sedangkan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) menguji kemampuan untuk masalah adaptasi dan berprestasi. Misalnya, kalau seseorang sedang naik motor dan mendapati orang tua hendak menyeberang jalan, apa yang akan dilakukan.

“Bagi jawaban yang mengatakan akan berhenti dan menuntun si orang tua menyeberang jalan, nilainya tentu lebih tinggi dari jawaban yang mengatakan cukup menyetop motor dan membiarkan sang orangtua menyeberang sendiri”.
Psikotes sendiri merupakan suatu tahapan yang selalu ada dalam proses seleksi untuk karyawan di perusahaan maupun instansi pemerintah. Tidak jarang, beberapa program beasiswa dan proses perguruan tinggi juga biasanya menagadakan psikotes dalam tahapan seleksinya. Dari hasil psikotes inilah dapat menggambarkan kondisi jiwa dan sesuai atau tidaknya kepribadian calon karyawan dengan jenis pekerjaan dan lingkungan kerja di perusahaannya kelak. Hasil psikotes bersifat kulitatif, artinya laporan hasil tesnya berupa data yang memberikan kesimpulan sesuai atau tidaknya kepribadian anda dengan jenis pekerjaan yang anda lamar. Sebagai contoh, standar hasil psikotes akan berbeda jika anda melamar pekerjaan sebagai engineer di sebuah perusahaan tambang bila dibandingkan dengan saat anda melamar sebagai teller disebuah bank. Bisa saja kulifikasi anda cocok dengan pekerjaan sebagai teller, namun tidak sebagaiengineer. Begitu pun sebaliknya.

Apa saja yang diujikan dalam psikotes ?
Psikotes terdiri dari beberapa tahap. Secara umum, dalam tes ini anda akan diuji kemapuannya dalam menggambar, menghitung dan berpikir dengan logika. Dengan waktu yang terbatas (3-4 jam), anda harus mengerjakan ratusan Contoh Soal dalam format pilihan ganda dan isian singkat. Adapun beberapa tahap dalam psikotes adalah :

1. Tes Kemampuan Menggambar (orang, pohon dan rumah)
2. Wartegg Test
3. Tes Kemampuan Berhitung Cepat (Kraeplien/Pauli)
4. Edward Personal Preference Schedule (EPPS) atau PAPI test
5. Tes Army Alpha
6. Tes Ketelitian
7. Tes Kode Ingatan
8. Tes Analog Verbal (analogi/padanan, sinonim dan antonim kata)
9. Tes Logika Penalaran
10. Tes Logika Aritmatika
11. Tes Angka
12. Logika Number
13. Tes Aritmatika
14. Tes Spasial
15. Deret Gambar
16. Pencerminan Gambar
17. Pasangan Gambarbbbb

Ingin Daftar CPNS 2018, Ini Syarat Untuk Mendaftar CPNS 2018
Ingin Daftar CPNS 2018, Ini Syarat Untuk Mendaftar CPNS 2018 (Foto: Tribun Lampung)

ICPNS – CPNS 2018. Ingin Daftar CPNS 2018, Ini Syarat Untuk Mendaftar CPNS 2018. Pemerintah akan membuka kembali keran Penerimaan CPNS tahun 2018 ini. Pendaftaran CPNS dibuka kembali setelah pemerintah memberlakukan Mororatorium Penerimaan CPNS yang telah berlangsung selama 4 tahun belakangan.

Penerimaan Pendaftaran CPNS 2018 akan dibuka kembali setelah pencoblosan PILKADA. Yang seperti diketahui Pilkada berlangsung pada tanggal 27 Juni 2018.

Menurut Badan Kepegawaian Negara (BKN), pembukaan penerimaan CPNS bisa berlangsung pada Juli 2018 jika Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sudah menyelesaikan formasi penerimaan CPNS.

Baca juga: Ini Tahapan Seleksi CPNS 2018 Bakal Dibuka Juli

“Mudah-mudahan saja (dibuka Juli) jika Pak Menteri PANRB sudah oke, formasi sudah ada, daerah dan kementerian atau lembaga dapat berapa formasinya,” ujar Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan saat dikonfirmasi Liputan6.com di Jakarta, Jumat (22/6/2018).

Bagi anda yang ingin mencoba kesempatan mengabdi ke negara dengan menjadi PNS dan ingin mendaftar CPNS tahun 2018 ini ada baiknya melengkapi persyaratan umum yang diwajibkan.

Menurut akun resmi twitter BKN, para pelamar dan pendaftar Penerimaan CPNS 2018 harus menyiapkan scan atau foto ijazah, transkrip nilai, foto, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan nilai TOEFL jika ada.

Baca juga: Mulai Awal Juli Pemerintah akan buka pendaftaran CPNS untuk 220.000 Posisi

Mimin sampaikan hal2 generik saja. Siapkan pula dok CV, nanti tinggal dicopas ke web SSCN,” tulis akun tersebut.

Untuk saat ini pendaftaran CPNS 2018 belum resmi dibuka oleh karena itu anda diharapkan jangan terburu-buru mendaftar. Pelamar harus dengan seksama membaca persyaratan  untuk jabatan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan.

Baca juga: BKN Siapkan Infrastruktur Seleksi CPNS 2018, Pendaftaran CPNS 2018 Akan Dibuka!

Sambil menunggu pengumuman penerimaan #CPNS2018 resmi dr @kempanrb, pastikan NIK & KK terdaftar di database nasional @ccdukcapil,” tulis admin BKN.

Terkait jumlah, sebelumnya pada Kamis (14/6/2018), Ridwan menyatakan hal tersebut juga masih dalam tahap perhitungan. Namun diperkirakan berkisar pada angka 200 ribu formasi.‎

‎”(Jumlah) Belum, tapi Pak Menpan beberapa kali bilang antara 200 ribu-250 ribu CPNS,” ungkap dia.

Syarat Pendaftaran Penerimaan CPNS 2018

Untuk mendaftar CPNS 2018, pelamar diharapkan mempersiapkan beberapa persyaratan untuk mendaftar Penerimaan CPNS 2018. Beberapa Persyaratan tersebut adalah:

  1. NIK & KK terdaftar di database nasional @ccdukcapil
  2. Daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV),
  3. Scan/foto ijazah,
  4. Transkrip nilai,
  5. Foto diri,
  6. KTP,
  7. KK,
  8. Nilai TOEFL (jika ada).

Jadi jika anda belum memiliki dan terdaftar di database nasional dukcapil diharapkan segera mendaftar untuk mendapatkan NIK dan KK mulai dari sekarang.

Nah apakah anda berminat untuk melamar menjadi PNS di Penerimaan CPNS tahun 2018 ini? Segera lengkapi persyaratan penerimaan CPNS 2018 mulai dari agar anda dapat segera mendaftar CPNS dan tidak terburu-buru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *