CPNS 2018 Akan Dibuka, Ingat! Catat Tanggal dan Persyaratannya

Posted on
Rekrutmen Pendaftaran CPNS 2018
Rekrutmen Pendaftaran CPNS 2018

iCPNSCPNS 2018. CPNS 2018 Akan Dibuka, Ingat! Catat Tanggal dan Persyaratannya. Pendaftaran CPNS 2018 akan segera digelar oleh pemerintah Indonesia. Penerimaan Lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan segera dibuka untuk mengisi kekosongan pegawai negeri sipil (PNS) di berbagai daerah.

Rencananya Rekrutmen CPNS pada tahun ini akan digelar setelah pencoblosan kepala daerah (Pilkada) selesai. Untuk perkiraan Rekrutmen akan digelar pada bulan juli 2018.

Pilkada telah berlalu dan untuk saat ini penghitungan hasil pilkada sedang berlangsung. Penghitungan Quick Count dari berbagai Lembaga Survei telah di gelar. Dan Pemenang Pilkada untuk beberapa daerah Provinsi/Kabupaten telah dapat dilihat hasil sementaranya.

Nah untuk anda yang ingin mengabdi kepada negara dan menjadi PNS ada baiknya sebelum mendaftar CPNS 2018 ada baiknya mengetahui beberapa hal mengenai Rekrutment gelombang ketiga yang akan digelar tahun ini.

Baca juga:

Beberapa hal yang harus diketahui untuk para pendaftar CPNS 2018 adalah:

Seleksi CPNS menggunakan Sistem CAT

Seleksi CPNS tetap akan menggunakan sistem CAT (Computerized Assisted Test) yang dimiliki oleh BKN (www.bkn.go.id) dengan alamat http://cat.bkn.go.id/

” Standar tes CPNS itu termasuk dengan sistem CAT. Jadi semuanya berdasarkan kemampuan dan kompetensi, “jelas Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional XII Pekanbaru Andrawati.

Untuk anda yang ingin mencoba mengikuti tes CPNS dapat mengikuti simulasi CAT BKN online tes CPNS 2018 di alamat http://cat.bkn.go.id/

Untuk melakukan registrasi anda dapat mengikuti langkah-langkah registrasi Simulasi CAT BKN online tes CPNS 2018 di alamat https://icpns.org/cara-registrasi-simulasi-cat-online-test-cpns-2018/

Susunan Formasi

Untuk susunan formasi CPNS 2018, Kementerian PAN-RB saat ini tengah menyusun formasi daerah untuk profesi-profesi yang sesuai untuk penerimaan CPNS 2018.

Pihak KemenPAN-RB menuturkan kompetensi harus dicocokkan dengan tugas yang ditawarkan pada Penerimaan CPNS tahun ini.

Termasuk menentukan unit-unit kerja dan formasi di berbagai daerah yang dibutuhkan.

Baca juga:

Dokumen yang Harus Dipersiapkan

Untuk mendafatar CPNS 2018 pelamar harus melengkapi beberapa persyaratan atau dokumen. Beberapa persyaratan CPNS 2018 yang harus dipersiapkan sebagai berikut:

1. Fotokopi KTP

2. Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir

3. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT.

4. Pas foto terbaru ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar – latar belakang merah.

5. Nilai TOEFL jika ada.

Dokumen tambahan bagi lulusan D III dan SMA/sederajat antara lain:

1. Materai Rp 6.000

2. Fotokopi KTP

3. Fotokopi ijazah/STTB

4. Fotokopi ijazah SD

5. Fotokopi ijazah SLTP

6. Fotokopi ijazah SLTA.

Alur Pendaftaran CPNS 2018

Alur pendaftaran CPNS 2018 dilakukan di masing-masing daerah. Pendaftaran CPNS 2018 alurnya adalah:

Pertama, pelamar dan pendaftar CPNS 2018 melakukan pendaftaran di portal-portal masing-masing kementerian dan CPNS daerah.

Kedua, mengisi formulir Pendaftaran CPNS dengan mengisi data diri anda sesuai dengan NIK KTP dan KK.

Lakukan fotocopy baik itu soft copy (untuk di upload di portal pendaftaran CPNS 2018) dan hard copy.

Ketiga, Mendaftar secara online ke portal-portal yang telah disediakan oleh BKN selaku koordinator Penerimaan CPNS 2018. Pendaftaran secara online melalui https://sscn.bkn.go.id/

Keempat, setelah mengisi formulir Pendaftaran CPNS 2018 dan mengirimkannya melalui portal-portal penerimaan CPNS baik itu secara online maupun offline pendaftar akan mendapatkan nomor bukti registrasi.

Kelima, unggah/kirim/upload dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan CPNS dan sertakan pas foto sesuai dengan ketentuan.

Keenam, kirimkan berkas-berkas seperti formulir pendaftaran, Fotokopi KTP & KK, Fotokopi Ijazah dan transkrip nilai, Surat keterangan profesi yang mendukung, Nilai TOEFL jika ada.

Ketujuh, catat jadwal tes CAT BKN dan ikuti.

Kuota Penerimaan CPNS 2018

Menurut Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Setiawan Wangsaatmaja mengatakan Kementerian PAN RB sudah mengusulkan formasi jumlah CPNS 2018 ke Kementerian Keuangan.

“Pada 2018 yang akan pensiun 250 ribu orang. 38 ribu di pemerintah pusat dan sisanya daerah. Posisi terakhir baru itu yang kami sampaikan ke Kementerian Keuangan untuk 2018,” ujarnya.

Dipastikan tak lebih dari 250 ribu posisi yang diusulkan pada rekrutmen tahun 2018.

Sebanyak 38 ribu calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan dibuka untuk pemerintah pusat dan sisanya untuk pemerintah daerah.

Kementerian PAN-RB pun memperkirakan jumlah pendaftar akan sejumlah 60-70 persen dari total 220 ribu orang pegawai yang akan pensiun tahun ini.

Pihaknya juga menegaskan jika jumlah CPNS yang diterima tidak akan melebihi jumlah pensiunan.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *