Contoh Soal CPNS 2018: Psikotes bangun ruang: Kubus

Posted on



Contoh Soal Psikotes bangun ruang: Kubus – Contoh Soal 2017Tes menganalisa bangun ruang adalah salab satu tes psikotes yang sering di ujikan untuk seleksi kerja. Pada tes bangun ruang ini, kita di minta untuk menganalisa bentuk dari bangun ruang yang ada pada gambar dan menyesuaikannya dengan bentuk pembentuk bangun ruang yang tersedia pada pilihan jawaban yang ada, a,b,c atau d. Ada juga soalnya itu, di mulai dari jaringan pembentuk bangun ruang, dan di pilihan jawabannya kita disuruh memilih bangun ruang seperti apa yang akan terbentuk oleh jaring pembentuk bangun ruang tersebut. Video ini bisa di jadikan referensi untuk tes bangun ruang. Trik yang bisa dilakukan adalah, menghafal sifat sifat pembentuk bangun ruang. Teman teman bisa sedikit menghafal bentuk bangun ruang dan jaring-jaring pembentuknya.. Bukan berarti menghafal semua bangun ruang, melainkan sifat dan urutan-urutan yang biasa terbentuk dari satu potongan jaring ke jaring lainnya, sehingga bisa membentuk bangun ruang.

Contoh Soal TPA Jaring-Jaring Bangun Ruang Bagian Pertama

Sekarang masuk ke contoh soal TPA jaring-jaring bangun ruang. Masih sama dengan postingan soal-soal gambar lainnya, sobat di sini dituntun lebih dalam penggunaan imajinasi (awang-awang gitu deh sobat). Tapi meskipun cuma imajinasi yang kita maenin, tetep jangan dibuat enteng tes TPA Jaring-Jaring bangun ruang ini, bisa gagal loh ntar, kan sayang banget ngurangin nilai sobat.

Di Contoh Soal TPA Jaring-jaring Bangun Ruang yang akan kita pelajari kali ini, sobat akan melihat bentuk-bentuk bangun ruang. Nantinya sobat diminta untuk menentukan manakah yang termasuk ke dalam jaring-jaring bangun ruang yang dimuat soal. Namun di soal berbeda kedudukan kadang dibalik, ada sebuah jaring-jaring jika disatukan akan membentuk sebuah bangun ruang. Nah, bangun ruang manakah yang nantinya cocok untuk jaring-jaring tersebut. Penasaran dan pengen tau contoh soal TPA Jaring-jaring bangun ruang yang akan kita bahas kali in

Tes visualisasi spasial/ruang merupakan tes yang mengukur kemampuan keceradasan spasial atau kecerdasan ruang. Secara umum kemampuan yang Anda perlukan dalam tes ini lebih pada kemampuan untuk menganalisis bentuk gambar, pencerminan gambar, dan perbandingan gambar yang satu dengan yang lain. Trik dan tips yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut :

Pada tes mengelompokkan bentuk, Anda harus mencari gambar yang beda polanya meski semua gambar terlihat mirip. Anda dapat mencoba memutar gambar tersebut searah jarum jam atau berlawanan. Jika menemukan gambar yang tidak sesuai dengan percobaan yang Anda lakukan, maka gambar tersebut bukan mengikuti kelompok gambar.
Pada tes menyusun bentuk, Anda harus berusaha untuk membayangkan jaring-jaring bangun datar yang disediakan pada soal bila dibentuk menjadi bangun ruang. Hal yang perlu Anda cermati adalah ketepatan dalam memvisualisasikan bentuk gambar dalam bentuk bangun ruang.
Pada tes bayangan cermin, Anda dapat menganalisa kira-kira bayanngan yang terbentuk jika gambar pada soal Anda cerminkan Anda dapat membayangkan bayangan benda yang terbentuk seperti halnya ketika Anda ada di depan cermin.
Pada tes gambar umum, banyak hal yang dapat dilakukan. Pada tes ini, Anda harus mencermati dulu perintah soal. Jika soal menghendaki Anda untuk mencari sebuah gambar berdasarkan pola yang terbentuk maka Anda haurs menentukan pola gambar yang ada. Jika diminta untuk mencari bangun paling belakang dari susunan beberapa bangun, maka Anda dapat menguraikannya satu per satu. Cara menguraikannya dapat dilakukan dengan menggambarkannya dikertas coretan, atau menentukan secara analitas gambar yang disusun.

Lolos CPNS 2018: Contoh Soal CPNS 2018 Dan Pembahasannya

Download Contoh Soal CPNS 2018 Beserta Jawabannya
Download Contoh Soal CPNS 2018 Beserta Jawabannya

iCPNS – Lolos CPNS 2018: Contoh Soal CPNS 2018 Dan Pembahasannya. Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil masih merupakan pekerjaan idaman bagi setiap pelamar pekerjaan yang ada di Indonesia. Apalagi mereka merupakan seorang fresh graduate yang baru saja menyelesaikan pendidikannya.

Tertarik untuk ikut Seleksi CPNS dan Ingin Lulus Tes CPNS 2018? Jika iya, mulailah mencari dan mengumpulkan berbagai contoh soal tes CPNS 2018, dan mulai mempelajari dan menguasai semua bentuk soal yang akan diujikan nanti.
Jika kamu ingin mempelajari, memahami dan menguasai semua bentuk soal tes CPNS 2018 yang ternyata masih sama dengan tahun 2017 yang lalu, yakni berupa:

A. Tes Kompetensi Dasar (TKD):

Tes Kompetensi Dasar (TKD) terdiri dari:

1. Tes Intelegensia Umum (TIU)
2. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

B. Tes Kompetensi Bidang (TKB):

Tes Kopentensi Bidang (TKB) terdiri dari:

Tes Inteligensia Umum (TIU)

A. Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis;
B. Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka;
C. Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis
D. Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

1. Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika ;
2. Undang-Undang Dasar 1945;
3. Negara Kesatuan Republik Indonesia:

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Rekrutmen CPNS 2018 ini akan lebih ketat dari pada tahun-tahun sebelumnya, karena pemerintah bertujuan melahirkan Pegawai Negeri yang profesional, ditempatkan sesuai dengan latar belakang pendidikannya.
Semua contoh soal CPNS 2018 diatas beserta pembahasannya telah dilengkapi dengan Tips Super Lulus Tes CPNS 2018, Kumpulan Soal-soal CPNS 2018, Kunci Jawaban, beserta Pembahasannya dan Trik dalam menjawabnya.
Bagaimana cara mengatur waktu, cara menjawab cepat, cara menghitung cepat, dan sebagainya, dalam menghadapi tes seleksi penerimaan cpns 2018. Selamat berjuang!!

Persiapan yang matang adalah hal yang sangat penting dilakukan agar bisa lulus pada semua tahapan tes seleksi CPNS. Hal tersebut karena lowongan CPNS yang tersedia terbatas sementera jumlah peserta setiap tahunnya terus mengalami peningkatan sehingga persaingan semakin ketat.

Untungnya proses seleksi CPNS sudah mulai dilakukan secara trasparan untuk menghindari praktik sogok-menyogok sehingga peluang untuk lulus hanya bisa diraih oleh peserta yang benar-benar memiliki persiapan yang matang. Salah satu strategi yang sangat efektif adalah melakukan perisiapan jauh-jauh hari sebelum hari H pelaksanaan tes.

Jangan meniru kebiasaan buruk mereka yang telah gagal dalam proses seleksi CPNS di tahun-tahun sebelumnya, yaitu kebiasaan menunda-nunda untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian seleksi CPNS. Mereka baru berlatih mengerjakan soal-soal ujian CPNS setelah melihat nama mereka muncul di pengumuman peserta tes. Itu adalah kesalahan besar, sebab jarak antara pengumuman tes dengan waktu pelaksanaan tes biasanya sangat singkat sehingga waktu untuk berlatih mengerjakan soal-soal menjadi sangat singkat. Jika demikian, Anda akan sama
dengan orang yang terjun ke medan tempur tanpa amunisi yang cukup maka dalam sekejap Anda akan gugur.

Jumlah soal-soal yang disiapkan oleh panitia dalam database CAT sangat banyak dan muncul secara acak pada saat pelaksanaan tes. Kabar baiknya adalah, soal tes tahun-tahun sebelumnya berpotonsi muncul lagi sehingga semakin banyak soal-soal tes yang kita pelajari, semakin besar peluang untuk mendapatkan soal yang sama pada saat menghadapi tes CAT sehingga peluang untuk lulus semakin besar.

Jika anda telah selesai mengikuti Tes CAT, segeralah persiapkan diri untuk tahapan tes berikutnya tanpa menunggu pengumuman hasil tes CAT. Biasanya tahapan tes berikutnya adalah Tes Kompetensi Bidang, psikotes, dan wawancara. Soal-soal tes kompetensi bidang biasanya berbeda-beda, tergantung kementerian lembaga yang ada lamar.

Sedangkan untuk psikotes, soal yang selalu mencul adalah tes menggambar orang, tes melanjutkan gambar serta tes koran. Meskipun kelihatan mudah, namun tidak boleh kita remehkan karena tes tersebut selalu menggugurkan banyak peserta tes. Bagaimana tidak, waktu yang tersedia sangat terbatas misalnya untuk tes menggambar orang dan pohon hanya 5 menit. Jika kita kurang berlatih, dipastikan hasilnya akan kacau balau sehingga tidak bisa lulus.

Jadi intinya, jika anda serius ingin lulus seleksi CPNS, persiapkanlah diri Anda sejak awal dengan banyak berlatih mengerjakan soal-soal tes CPNS.

Persiapan tentunya dapat dilakukan dengan banyak berlatih mengerjakan soal-soal tes CPNS. Saat ini, soal-soal latihan tes CPNS bisa didapatkan baik dengan membeli buku soal-soal tes CPNS di Toko Buku atau bergabung menjadi member pada website penyedia jasa Bimbingan Belajar CPNS secara online.

dikutip dari Makassar.tribunnews.com, berikuti ini link donwload materi Contoh Soal-Contoh Soal test CPNS.

Naskah Soal 1: Soal-Soal CPNS, Contoh Soal Tes CPNS, Tes Intelegensi Umum – TIU

Naskah Soal 2: Contoh Soal, TKD CPNS, Soal TKD, Soal TPA, Tes Intelegensi Umum – TIU

Naskah Soal 3: Latihan Soal, Tes CPNS, Soal CAT CPNS, Tes Intelegensi Umum – TIU

Naskah Soal 4: Soal CPNS, Soal dan Jawaban, Materi Soal CPNS, Tes Wawasan Kebangsaan – TWK

Naskah Soal 5: Soal Tes CPNS, Soal CPNS Pdf, Tes Wawasan Kebangsaan – TWK

Naskah Soal 6: Tes CPNS 2018, Soal CPNS 2018, Soal Psikotes, Seleksi CPNS

Naskah Soal 7: Tes CPNS, Latihan Soal CPNS, Tes Karakteristik Pribadi

Naskah Soal 8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *